Tesis

Perbandingan Kadar Zink, Selenium, Besi dan Tembaga dalam Serum Maternal dan Tali Pusat pada Preeklamsia = Comparison of Zinc, Selenium, Iron and Copper in Maternal Serum and Fetal Umbilical Cord in Pregnancy with Preeclampsia.

Latar Belakang: Preeklamsia merupakan masalah penting yang dapat menyebabkan morbiditas dan mortalitas maternal dan perinatal. Preeklamsia berhubungan dengan stres oksidatif pada sirkulasi maternal. Preeklampsia merupakan hasil dari ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas dengan antioksidan sehingga terjadi reaksi inflamasi berlebihan pada kehamilan yang berakibat disfungsi endotel. Antioksidan dan inflamasi dalam tubuh ditentukan oleh status gizi ibu dan bayi yang dapat dinilai dari kadar serum ibu seperti zink, selenium, besi dan tembaga. Tujuan: Diketahuinya perbedaan kadar zink, selenium, besi dan tembaga dalam serum maternal dan tali pusat pada preeklamsia. Metode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang dengan jumlah sampel 35 yang melakukan persalinan di RS Cipto Mangunkusumo. Setelah itu data disajikan dalam tabel dan dianalisis dengan uji T berpasangan dan uji Wilcoxon. Penelitian ini sudah lolos kaji etik dan mendapat persetujuan pelaksanaan dari Komite Etik Penelitian Kesehatan FKUI-RSCM. Hasil: Kadar rerata zink pada serum maternal dan tali pusat adalah 43,17±11,07 µg/dl dan 86,66±25,54 µg/dl dengan selisih rerata -43,49±27,83, nilai p

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2017
Pengarang

Andi Deviriyanti Agung - Nama Orang
Noroyono Wibowo - Nama Orang
Rima Irwinda - Nama Orang

No. Panggil
T17431fk
Penerbit
Jakarta : Program Studi Obstetri dan Ginekologi.,
Deskripsi Fisik
xii, 59 hlm., 21cm x 30cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
T17431FKT17431fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Kadar Zink, Selenium, Besi dan Tembaga dalam Serum Maternal dan Tali Pusat pada Preeklamsia = Comparison of Zinc, Selenium, Iron and Copper in Maternal Serum and Fetal Umbilical Cord in Pregnancy with Preeclampsia.

Related Collection